Kultwit @ShofwanAlBanna dan @salimafillah tentang #NegeriSakit

27 01 2011

  1. Tinggal di #NegeriSakit memang menyesakkan, menjerihkan. Tapi sakit negeri ini Ya Allah, kami mohon semoga bukan sakit sembarang sakit.
  2. Kami syukuri #NegeriSakit ini dengan sangka baik padaMu; inilah hamil kepahlawanan yang memualkan, memberati punggung, menyulitkan gerak.
  3. Ya, dalam hamil kepahlawanan, #NegeriSakit ini menampilkan semua penyakit lama yang pernah diderita. Gejalanya menyeruak menambah lara.
  4. Izinkan kami jaga baiksangka pd #NegeriSakit ini, sebab sejarah ajarkan bahaya kemakmuran nan lena & lahirnya pahlawan di negeri bencana.
  5. #NegeriSakit itu pernah dialami orang-orang terbaik, saat seorang ‘alim tapi zhalim bernama Al Hajjaj ibn Yusuf menjadi pembesar berkuasa
  6. Di #NegeriSakit itu, Al Hajjaj bertanggungjawab atas pembunuhan sekitar 120.000 orang yang kebanyakan adalah ‘ulama & orang-orang shalih.
  7. Di #NegeriSakit itu, sahabat Nabi dibantai; ada ‘Abdullah ibn Az Zubair, dkk. Ada jua ‘Alim murid tersayang Ibn ‘Abbas, Sa’id ibn Jubair.
  8. Selain 120.000 orang yang dibunuh resmi, saat Al Hajjaj mati, penjaranya di ‘Iraq menyisakan 80.000 wafat tanpa pengadilan. #NegeriSakit
  9. Di #NegeriSakit itu, Makkah dibumihangus, Ka’bah dimeriam batu, jasad putra Asma’ & cucu Abu Bakr disalib, kepalanya dikelilingkan negeri
  10. Madinah dikepung 7 hari, tulis Ibn Katsir, lalu dijarah; 7000 asyraf turunan Nabi gugur, perkosaan hasilkan 1000 kehamilan
  11. “Allah”, rintih ‘Umar ibn ‘Abdil ‘Aziz, “Al Hajjaj di ‘Iraq, Khalid Al Qashri di Hijjaz, Walid di Syam, Qurrah di Mesir..”
  12. “..Sepenuh bumi telah rata dikangkangi kezhaliman! Maka selamatkanlah ummat NabiMu ini, Ya Rabbi!”
  13. “Andai ummat-ummat datang membawa semua durjananya masing-masing, lalu kita datang dengan Al Hajjaj seorang..”, kata ‘Umar,
  14. “..Seluruh mereka itu dengan kejahatannya dijumlahkan jadi satu, takkan bisa mengalahkan kedurjanaan Al Hajjaj seorang!”
  15. Tak hendak menambah panjang daftar kejahatan di #NegeriSakit saat itu, mari meloncat pada bagaimana ia melahirkan pahlawan menyejarah.
  16. #NegeriSakit itu merasakan zaman kian sempit; sampai-sampai pemerintah mewajibkan caci-maki untuk ‘Ali RA sebagai rukun khuthbah Jumat.
  17. Tetapi darah ‘Umar ibn Al Khaththab yang menyusup ke Bani ‘Umayyah lewat kejujuran gadis penjual susu itu sedang gelisah.
  18. ‘Umar ibn ‘Abdul ‘Aziz nan keluarganya tersingkir di #NegeriSakit , dinikahkan dengan putri tersayang pamannya, ‘Abdul Malik ibn Marwan.
  19. Itu awal ‘Umar berakrab hati & jadi penasehat ipar sekaligus sepupunya; salah satu putra mahkota #NegeriSakit; Sulaiman ibn ‘Abdil Malik
  20. Tapi nanti akan kita lihat jua peran para ‘ulama #NegeriSakit yang peduli & tak tinggal diam lihat kondisi; pelopornya Raja’ ibn Haiwah.
  21. Di #NegeriSakit, penguasa yang susah diharap bertahta. Tapi harapan tetap hidup & konspirasi keshalihan berjalan; ulama-usahawan-rakyat.
  22. Di #NegeriSakit, keadilan sembunyi, penguasa bermewah, ummat terhimpit lahir-batin. Tapi keluhan jarang tersiar, doa terus dipanjatkan.
  23. Didukung ‘ulama, Raja’ ibn Haiwah dengan penuh integritas menjadi penghubung antara harapan keadilan dengan tahta #NegeriSakit yang abai
  24. Dekat dengan ‘Umar ibn ‘Abdil ‘Aziz, Sulaiman ibn ‘Abdil Malik memerintah #NegeriSakit dengan sedikit lebih baik dibanding pendahulunya.
  25. Dia lebih terbuka terhadap masukan. Raja’ ibn Haiwah; tulus hati & tak berminat pd mewah dunia; menjadi penasehat tepercaya #NegeriSakit
  26. Integritas Raja’ ibn Haiwah yang meski dekat dengan penguasa tapi tak pernah mengambil manfaat pribadi membuatnya disegani.
  27. Maka wahai orang-orang shalih #NegeriSakit Indonesia, berperanlah memperbaiki tanpa banyak umpat, dekatilah kekuasaan dengan kezuhudan.
  28. Seperti Raja’ ibn Haiwah, kita akan menemukan momentum tuk #NegeriSakit itu; satu hari Sulaiman ibn ‘Abdil Malik sekarat setelah makan.
  29. Tercatat oleh Ibn ‘Abdil Hakam, Sulaiman nan gemuk sekarat setelah menyantap 2 rusa, 40 hati flamingo, 200 butir telur, dll #NegeriSakit
  30. Dalam sekaratnya, Raja’ ibn Haiwah mendampingi. Sulaiman gelisah sebab anak-anaknya masih terlalu kecil untuk gantikannya.
  31. “Ringankanlah hisabmu di depan Allah”, ujar Raja’ sambil melantun kalimat Thayyibah di sisi Sulaiman, “Angkatlah ‘Umar!”
  32. “Kalau kuangkat ipar & sepupuku itu”, ujar Sulaiman mendesah, “Adikku Hisyam & lainnya pasti berontak. Kaum muslimin kacau”
  33. Raja’ mendesah. “Kalau begitu terpaksa, tulislah nama adik-adikmu dalam wasiat resmi setelah nama ‘Umar sebagai pengganti.”
  34. Tugas Raja’ selanjutnya adl bersiasat agar ‘Umar ibn ‘Abdil ‘Aziz mau terima jabatan Amirul Mukminin. Cerdik, dia berhasil.
  35. Artikel lengkap “Menyalakan Lilin bersama Raja’ ibn Haiwah” bisa dibaca di http://bit.ly/cGHJkq #NegeriSakit, agar kita cerah bergerak;)
  36. Di #NegeriSakit yang gelap ini, mari belajar pada Raja’ ibn Haiwah; bahwa kita yang harus hadirkan cahaya dengan konspirasi keshalihan.
  37. Untuk lebih dalamkan pemahaman, ada juga kajian Salim: “Menyalakan Lentera Bersama Abu Yusuf” di sini http://bit.ly/eVxXRd
  38. Baik Raja’ ibn Haiwah maupun Abu Yusuf ialah intelektual nan sama-sama hidup di #NegeriSakit, saat kezhaliman membopeng wajah peradaban.
  39. Konspirasi Keshalihan untuk #NegeriSakit ala Raja’ ibn Haiwah hanya seumur pemerintahan sosok ‘Umar ibn ‘Abdul ‘Aziz di Daulah ‘Umayyah.
  40. Sedang Abu Yusuf yang membangun gerakan, meletakkan dasar sistem peradilan bagi Daulah ‘Abbasiyah yg juga terbangun sebagai #NegeriSakit
  41. Mari belajar pada mereka untuk menjadi bagian solusi bagi #NegeriSakit Indonesia. Sila simak artikel Salim, link di KulTwit no 35 & 37:)
  42. Demikian KulTwit #NegeriSakit. Mari mulai ‘Konspirasi Keshalihan’ sebagai bagian dari ‘Kebangkitan nan Rendah Hati’;) cc @ShofwanAlBanna

  1. Shofwan Al Banna: mas @salimafillah, jika dperkenankan, saya ingin menyambung diskusi tentang #NegeriSakit. (43)
  2. Dua jejak sejarah yg dikisahkan mas @salimafillah adl cerita ttg #NegeriSakit, tapi mungkin dg diagnosa penyakit yg berbeda.
  3. #NegeriSakit pertama, yg kemudian memanggil Umar bin Abdul Aziz, adalah #NegeriSakit kategori 1: penguasa tiran yg berjarak dg rakyatnya.
  4. #NegeriSakit 1 ini dalam kajian politik internasional sering dsebut rogue state, negara -maaf- bajingan.
  5. Awal abad 20, #NegeriSakit jenis 1 ini menjangkiti Eropa, menyeretnya ke Perang Dunia. Kejam di dalam, brutal ke luar.
  6. Pada pertengahan abad 20, #NegeriSakit jenis 1 ini ganti menjangkiti negara2 Asia Afrika yg baru saja merdeka. Penjajahan diganti kediktatoran
  7. #NegeriSakit 1: negara kuat, penguasa keji, kontrol rakyat lemah, nilai2 runtuh.
  8. Sebaliknya, ada #NegeriSakit jenis 2: institusi negara tinggal nama, penguasa lemah, tiada tatanan kecuali hukum rimba. Failed states.
  9. “Negara gagal” menyeret rakyatnya dlm lingkaran kekerasan tak henti-henti, karena hukum tidak ada artinya. Pembangunan mustahil. #NegeriSakit
  10. Jenis #NegeriSakit ke2 ini, jika derajatny lebih rendah barangkali digolongkan dlm weak state. Negara lemah.
  11. Jenis 1 dan 2 jelas sakitny, tapi kategori #NegeriSakit 3,4,5 berikut ini sering tdk dsadari. Mungkin karena itu juga belum ada teorinya…:)
  12. #NegeriSakit jenis 3: disconnected state. Negara dan rakyatnya jalan sendiri2. Ada tiadanya pemerintah tdk berpengaruh.
  13. Penyakit ini jarang disadari, tp merenggut hakikat negara dg sangat efektif. Lain dg jenis 1&2, #NegeriSakit ke-3 ini justru lazim di negara maju.
  14. Partisipasi dan kepedulian rendah. Kebanggaan minim. Kesenjangan tinggi krn tiada redistribusi kekayaan. Baru terasa #NegeriSakit saat krisis.
  15. Gejala #NegeriSakit 3 ini misalny saat AS terkena badai Katrina (2005). Kesenjangan yg laten terlihat nyata.
  16. #NegeriSakit ke4, penyakitnya agak berbeda. Kalau bagi manusia ada sakit fisik dan sakit jiwa, negara pun demikian. Defisit spiritualitas.
  17. di #NegeriSakit jenis 4 ini: semua tampak baik2 saja. Politik stabil, ekonomi tumbuh. Anehny, tingkat bunuh diri tinggi. Indeks kebahagiaan rendah.
  18. Awal #NegeriSakit 4 ini adalah trauma masa lalu terhadap agama. Religiusitas -lalu spiritualitas- kehilangan tempat seiring modernisasi.
  19. Lenyapnya spiritualitas d #NegeriSakit 4 ini membuat pembangunan kehilangan jiwa. Ekonomi, politik, bahkan manusia menjadi mesin belaka.
  20. #NegeriSakit jenis 1 & 2 sekarang lazim diidap negara berkembang, sementara 3 & 4 lazim di negara maju. Jenis ke 5 bisa dimana-mana.
  21. #NegeriSakit jenis 5: institusinya ada, seakan2 bekerja, tapi sebenarnya tidak berdaya. Hukum hanya citra. Retorika bercerai dr fakta.
  22. Di #NegeriSakit jenis 5, hukum pilih2 sasaran. Seperti antivirus komputer yg terinfeksi, cuma bekerja jika tidak bertentangan dg sang virus.
  23. #NegeriSakit 5 ini adalah zombie state. Jasadnya ada, tapi fungsi2 utama dibajak oleh virus untuk kehidupannya.
  24. namun, institusi2 ttp dipelihara, krn setiap virus butuh inang. karna itu, #NegeriSakit jenis 5 dari luar sulit dikenali.
  25. Nah, setelah mengenali jenis2 #NegeriSakit, mari berdiskusi soal bagaimana menyembuhkannya.
  26. Jika dtelisik, ada tiga dimensi pembeda antara #NegeriSakit dengan #NegeriSakti: sistem, budaya (termasuk values), dan aktor.
  27. Tapi sebelum beranjak membedah ke 3 hal tersebut, mari mengingat 4 pilar #NegeriSakti dlm tradisi Islam.
  28. Keempat pilar #NegeriSakti itu dlm tradisi Islam sbb:1.ilmu para cendikia, 2.keadilan para pemimpin, 3. kepedulian orang2 kaya,  4.doa orang miskin.

  1. Di zaman Nuh, kita temukan gejala #NegeriSakit pertama; pemujaan & pemberhalaan tokoh masa lalu. Kemusyrikan jadi akar pola pikir rusak.
  2. Mengenang masa lalu yang agung tak memberi kebaikan #NegeriSakit; pengalaman tak berarti masalah baru diselesaikan dengan cara lama.
  3. #NegeriSakit yang tenggelam dalam pemujaan orang besar menumpulkan ikhtiyar-ikhtiyar baru memajukan peradaban. Tiap pembaruan tercuriga.
  4. #NegeriSakit Nuh yang suka memuja itu juga jatuh dalam kesenjangan kelas; para pendukung perbaikan disebut orang miskin, rendah, hina.
  5. Di #NegeriSakit pemuja pemberhala, selain penyeru kebenaran, ‘penjual ritual’ juga berkeliaran menjajakan pelarian instan dari masalah.
  6. Bagaimana bedakannya? Ingat kultwit Jalan #Ilmu? Penyeru kebenaran #NegeriSakit seperti Nuh pasti punya 5 sifat Rabbani yang kita urai.
  7. #NegeriSakit pemuja pemberhala hancur ditelan gelombang banjir, era baru akan datang dengan konsistensi pembawa kebenaran ‘berperahu’.
  8. Kuman perusak kedua #NegeriSakit kita temukan di kaum Hud; bermegah-megahannya pemuka penguasa & kezhaliman yang kejam (QS 26: 128-130)
  9. Jarak kemakmuran di #NegeriSakit makin jauh yang bukannya lahirkan kepedulian tapi malah si kaya gunakan harta untuk hal konyol & sia.
  10. Bangunan megah ditinggikan di #NegeriSakit ala ‘Aad; orang bicara soal bagaimana cara muda & abadi sementara fuqara makan kais sampah.
  11. #NegeriSakit itu timpang hukum; penguasanya bebal & kebal sanksi, jelatanya disiksa kejam-keji sebab khilaf kecil tak sengaja/terpaksa.
  12. #NegeriSakit ‘Aad hancur oleh angin menderu, meniup segala kejahatan hingga tercerabut; asal pejuang tak takut gertak atau dikira gila.
  13. Kuman ke-3 #NegeriSakit ada di Tsamud-nya Shalih; habis energi untuk capaian monumental tanpa fungsi & merusak SD bumi. (QS 27: 45-53)
  14. #NegeriSakit tak merasa cukup membangun, gunung-gunung pun dipangkas. Tanaman, kebun, mataair dirusak. Unta ujian pun disembelih.
  15. Kader penerus yang dulu diharapkan kini didustakan sebab berani kritis pada tokoh-tokoh nan terbuai merusak #NegeriSakit (QS 11: 62)
  16. Ada mafia di #NegeriSakit Tsamud, 9 penjahat yang merancang pembinasaan para pejuang kebenaran-kebaikan & keluarganya. (QS 27: 48-49).
  17. Pelanggaran fatal atas ultimatum langit buat #NegeriSakit Tsamud dihancurkan suara gelegar. Pejuangnya tak boleh gentar pada keji makar.
  18. Kuman #NegeriSakit yang keempat ada di kaum Luth; kerusakan moral, penyimpangan seksual, hedonisme & permisivisme parah.
  19. #NegeriSakit yang jungkir balik moralnya terhujani batu api, atas dijadikan bawah. Pejuangnya tak boleh malu disebut sok suci (QS 7: 82)
  20. Kuman ke-5 #NegeriSakit di kaum Syu’aib; rusaknya moral ekonomi, kecurangan bisnis, riba, eksploitasi si lemah, penipuan. (QS 7: 85-93)
  21. #NegeriSakit Madyan itu sekuler: shalat individu diminta tak dihubungkan dengan dakwah pada sesama & perilaku sosial-ekonomi (QS 11: 87)
  22. #NegeriSakit Madyan itu binasa karena gempa. Para pejuang di sana harus tetap teguh walau diancam diusir & dipenjarakan.
  23. Itulah 5 kuman peradaban. Selanjutnya, Al Quran banyak memapar kisah #NegeriSakit yang paling sakit; itulah #Mesir di zaman Musa.
  24. Tapi karena sedang jadi headline, kita bicarakan lain waktu saja;P Semoga @ShofwanAlBanna memberi telaah lagi bakda 5 kuman #NegeriSakit
Iklan

Aksi

Information

One response

27 01 2011
Cool Twit

[…] . #Berpendapat . #Dosa . #Gaji . #Hukum . #Ibu . #Jihad . Jodoh . #Muda . #NegeriSakit . #Nikah . #PrinsipTwitteran . #Renungan . #Walimah […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: